Pasangan Capres dan cawapres sudah membuat visi dan misi untuk Pilpres 2024

 


ARTIKEL GLOBAL : Terdapat tiga calon yang mendaftar. Mereka adalah; Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketiga paslon tersebut juga telah mempublikasikan dokumen visi misi mereka untuk diketahui oleh khalayak luas.

1. Anies-Cak Imin

Dalam dokumen visi misinya, pasangan Anies-Cak Imin alias AMIN ini mengusung visi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua".

Menilik visi pasangan ini dari sisi ekonomi, mereka berdua lebih berfokus terhadap pemerataan ekonomi yang dijabarkan melalui sejumlah upaya yang ingin diraih. Upaya itu; menerapkan upah minimum yang adil dan sesuai dengan kondisi daerah tanpa memberatkan para pemberi kerja.

Anies-Cak Imin juga ingin menjalankan berbagai kombinasi kebijakan untuk menurunkan tingkat ketimpangan pengeluaran (indeks Gini) dari 0,388 pada 2023 menjadi 0,36-037 pada 2029.

Mereka juga memiliki target untuk mewujudkan alokasi APBN yang lebih mencerminkan upaya mengurangi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi serta mewujudkan kota-kota unggulan sebagai pusat pertumbuhan untuk menekan ketimpangan antar kawasan.




AMIN juga ingin mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan melalui pendekatan multisektor dengan target menurunkan kemiskinan dari 9,36 persen pada Maret 2023 menjadi 4 persen-4 persen di 2029, juga kemiskinan ekstrem 0 persen pada 2026.

Pasangan ini juga berkomitmen untuk menciptakan minimal 15 juta lapangan pekerjaan baru, termasuk pekerjaan hijau (green jobs) pada 2025-2029. Penciptaan lapangan kerja berkualitas di seluruh sektor dengan guna untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka dari 5,45 persen pada Februari 2023 menjadi 3,5 persen-4 persen pada 2029.

Kemudian, mereka akan mendorong efisiensi anggaran dengan memprioritaskan belanja produktif dan menekan belanja non produktif untuk menghasilkan ruang fiskal yang lebar dan pertumbuhan PDB rata-rata sebesar 5,5-6,5 persen per tahun pada 2025-2029.

AMIN juga berjanji mengelola utang negara secara bertanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan fiskal dan menjaga rasio utang terhadap PDB kurang dari 30 persen di 2029, turun dari 38,1 persen di 2023.

2. Ganjar-Mahfud MD


Sementara itu, paslon Ganjar-Mahfud lebih mengawali visi yang diusung dengan jargon "Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari".

Dari sisi ekonomi, pasangan ini menginginkan Indonesia dapat memiliki kekuatan ekonomi unggul berdaya saing yang mereka nilai akan terwujud dengan membuka 17 juta lapangan kerja baru.

Keduanya berkomitmen untuk memastikan penyerapan angkatan kerja baru setiap tahun dan mengurangi jumlah pengangguran hingga mencapai tingkat penyerapan tenaga kerja optimal.

Ganjar-Mahfud pun ingin memastikan alokasi kredit perbankan minimal 35 persen untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan diikuti dengan pelatihan serta fasilitasi akses pasar.


3. Prabowo-Gibran

Terakhir, pasangan Prabowo-Gibran mengusung visi "Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045".

Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, pasangan ini menilai dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di angka 6-7 persen mulai 2025.

Maka itu, Prabowo-Gibran bertekad untuk membangun perumahan terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi masyarakat miskin, serta mengurangi ketimpangan.

Meski menjanjikan penciptaan lapangan kerja yang berkualitas, pasangan ini tak menargetkan berapa banyak lapangan pekerjaan yang akan tercipta jika keduanya memenangi Pilpres 2024.

Dalam dokumen visi misinya, mereka menjabarkan sebanyak 8 poin sebagai upaya untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas. Diantaranya, mendorong perusahaan untuk menempatkan angkatan kerja berusia 18-24 tahun sebagai karyawan tetap melalui subsidi premi asuransi untuk pekerja selama 12 bulan.






Komentar

Postingan Populer